Otentisitas Hadits Ishlah
Teks Hadits dan Syahidnya
Syarah dan kritik dengan metode takhrij (pembahasan) Hadits tentang Ishlah diawali dengan ditemukannya Hadits tersebut pada kitab takhrij al-maudhu’i, kitab Kanz al-‘Ummal fi Sunan al-Aqwal wa al-Af’al karya al-Muttaqiy al-Hindiy (w. 975 H)[1] sebagai berikut:
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ الْحَالِقَةُ
“Maukah kalian saya beritahu suatu hal yang lebih utama daripada derajat puasa, shalat dan sedekah? Para sahabat menjawab: tentu ya Rasulallah. Lalu Nabi bersabda: hal tersebut adalah mendamaikan perselisihan, karena karakter perselisihan itu membinasakan”
Berdasarkan keterangannya, mashadir ashliyah-nya adalah Musnad Ahmad, Sunan al-Tirmidzi, dan Sunan Abu Dawud dari jalur Abu Darda’.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab al-Jami’ al-Shaghir[2] dan dengan menggunakan lafadz awal أَلَا أُخْبِرُكُمْdiperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya adalah Musnad Ahmad, Sunan al-Tirmidzi, dan Sunan Abu Dawud.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy[3] dan dengan menggunakan lafadzإِصْلَاحُtidak diperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab Mausu’ah Athraf al-Hadits[4] dan dengan menggunakan lafadz awal إِصْلَاحُdiperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya adalah Ittihaf al-Khairah.
Adapun dilalah atau tautsiq yang berfungsi untuk mengecek kembali temuan sebelumnya adalah dengan menggunakan program Hadits al-Maktabah al-Syamillah maka mashadir ashliyah-nya adalah Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Adab al-Mufrad Shahih al-Bukhari, Shahih Ibnu Hiban, Sunan al-Tirmidzi, dan Sya’b al-Iman al-Baihaqi.
Demikian juga dilalah atau tautsiq yang juga berfungsi untuk mengecek kembali temuan sebelumnya adalah dengan menggunakan program Jawami’ al-Kalim maka mashadir ashliyah-nya adalah Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Adab al-Mufrad Shahih al-Bukhari, Shahih Ibnu Hiban, Sunan al-Tirmidzi, dan Sya’b al-Iman al-Baihaqi.
Rekaputilasi Mashadiral-Ashliyah
NO | DILALAH/TAUTSIQ | MASHADIR ASHLIYAH |
1 | Kanz al-‘Ummal | Musnad Ahmad, Sunan al-Tirmidzi, dan Sunan Abu Dawud |
2 | Al-Jami’ al-Shaghir | Musnad Ahmad, Sunan al-Tirmidzi, dan Sunan Abu Dawud |
3 | Al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy | Tidak diperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya |
4 | Mausu’ah Athraf al-Hadits | Ittihaf al-Khairah |
5 | Program al-Maktabah al-Syamillah | Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Adab al-Mufrad al-Bukhari, Shahih Ibnu Hiban, Sunan al-Tirmidzi, dan Sya’b al-Iman al-Baihaqi |
6 | Program Jawami’ al-Kalim | Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Adab al-Mufrad al-Bukhari, Shahih Ibnu Hiban, Sunan al-Tirmidzi, dan Sya’b al-Iman al-Baihaqi |
Jadi jika disusun secara sistematis berdasarkan tahun wafat para mudawwin, mashadir ashliyah secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
a) Musnad Ahmad (w. 241 H)
b) Adab al-Mufrad al-Bukhari (w. 256 H)
c) Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H)
d) Sunan Abu Dawud (w. 275 H)
e) Shahih Ibnu Hiban (w. 354 H)
f) Sya’b al-Iman al-Baihaqi (w. 458 H)
Adapun Hadits yang termaktub dalam mashadir ashliyah secara deskriptif dapat dituliskan sebagai berikut:
– Musnad Ahmad (w. 241 H)
مسند أحمد – (ج 56 / ص 44)
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ هِيَ الْحَالِقَةُ
– Adab al-Mufrad al-Bukhari (w. 256 H)
الأدب المفرد للبخاري – (ج 2 / ص 88)
حدثنا صدقة قال : حدثنا أبو معاوية ، عن الأعمش ، عن عمرو بن مرة ، عن سالم بن أبي الجعد ، عن أم الدرداء ، عن أبي الدرداء ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : « ألا أنبئكم بدرجة أفضل من الصلاة والصيام والصدقة ؟ » قالوا : بلى ، قال : « صلاح ذات البين (1) ، وفساد ذات البين هي الحالقة »
– Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H)
سنن الترمذي – (ج 9 / ص 49)
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى قَالَ صَلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ فَإِنَّ فَسَادَ ذَاتِ الْبَيْنِ هِيَ الْحَالِقَةُ
– Sunan Abu Dawud (w. 275 H)
سنن أبي داود – (ج 13 / ص 78)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ الْحَالِقَةُ
– Shahih Ibnu Hiban (w. 354 H)
صحيح ابن حبان – (ج 21 / ص 224)
أخبرنا عبد الله بن محمد الأزدي ، قال : حدثنا إسحاق بن إبراهيم الحنظلي ، قال : حدثنا أبو معاوية ، قال : حدثنا الأعمش ، عن عمرو بن مرة ، عن سالم بن أبي الجعد ، عن أم الدرداء ، عن أبي الدرداء ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : « ألا أخبركم ، بأفضل من درجة الصيام ، والقيام ؟ » ، قالوا : بلى يا رسول الله ، قال : « إصلاح ذات البين (1) ، وفساد ذات البين هي الحالقة »
– Sya’b al-Iman al-Baihaqi (w. 458 H)
شعب الإيمان للبيهقي – (ج 22 / ص 472)
أخبرنا أبو الحسين بن الفضل القطان ، ببغداد ، أنا أبو عمرو بن السماك ح وأخبرنا أبو عبد الله الحافظ ، ثنا أبو العباس الأصم ، قالا : ثنا أحمد بن عبد الجبار ، ثنا أبو معاوية ، عن الأعمش ، عن عمرو بن مرة ، عن سالم بن أبي الجعد ، عن أم الدرداء ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « ألا أخبركم بأفضل من درجة الصيام والصلاة والصدقة ؟ » قالوا : بلى يا رسول الله . قال : « صلاح ذات البين » . قال : « وفساد ذات البين هي الحالقة » وفي رواية ابن السماك : « فإن فساد ذات البين هي الحالقة »
Dari teks matan Hadits seperti tercantum pada tabel di atas, diketahui bahwa Hadits tersebut diriwayatkan secara lafzhi, meski sebagiannya ada yang diriwayatkan secara ma’nawi. Demikian juga jika dicermati di antara matan-matan Hadits “Ishlah” sebagaimana tercantum di atas, di dalamnya tidak terdapat tanaqudh ataupun ta’arudh.
Unsur Hadits, Daftar Rawi Sanad, dan Diagram/Silsilah Sanad
Unsur Hadits
1. Rawi Sanad
Musnad Ahmad
1) أَبِي الدَّرْدَاءِ; 2) أُمِّ الدَّرْدَاءِ; 3) سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ; 4) عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ; 5) الْأَعْمَشِ; 6) أَبُو مُعَاوِيَةَ; 7)أحمد بن حنبل
Adab al-Mufrad al-Bukhari
1) أبي الدرداء; 2) أم الدرداء; 3) سالم بن أبي الجعد; 4) عمرو بن مرة; 5) الأعمش; 6) أبو معاوية; 7) صدقة; 8)للبخاري
Sunan al-Tirmidzi
1) أَبِي الدَّرْدَاءِ; 2) أُمِّ الدَّرْدَاءِ; 3) سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ; 4) عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ; 5) الْأَعْمَشِ; 6) أَبُو مُعَاوِيَةَ; 7) هَنَّادٌ; 8)الترمذي
Sunan Abu Dawud
1) أَبِي الدَّرْدَاءِ; 2) أُمِّ الدَّرْدَاءِ; 3) سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ; 4) عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ; 5) الْأَعْمَشِ; 6) أَبُو مُعَاوِيَةَ; 7) مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ; 8)أبي داود
Shahih Ibnu Hiban
1) أَبِي الدَّرْدَاءِ; 2) أُمِّ الدَّرْدَاءِ; 3) سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ; 4) عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ; 5) الْأَعْمَشِ; 6) أَبُو مُعَاوِيَةَ; 7) إسحاق بن إبراهيم الحنظلي; 8)عبد الله بن محمد الأزدي; 9)ابن حبان
Sya’b al-Iman al-Baihaqi
1) أَبِي الدَّرْدَاءِ; 2) أُمِّ الدَّرْدَاءِ; 3) سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ; 4) عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ; 5) الْأَعْمَشِ; 6) أَبُو مُعَاوِيَةَ; 7) أحمد بن عبد الجبار; 8)أبو العباس الأصم; 9)أبو عبد الله الحافظ; 10)أبو عمرو بن السماك; 11)أبو الحسين بن الفضل القطان; 12)البيهقي
Semua rawi sanad di atas secara keseluruhan dapat dirangkai berdasarkan tahun wafat sebagai berikut:
- عويمر بن مالك الأنصاري / أبو الدرداء
- هجيمة بنت حيي الأوصابية / أم الدرداء
- سالم بن أبي الجعد الأشجعي
- عمرو بن مرة المرادي
- سليمان بن مهران الأعمش
- محمد بن خازم الأعمى / أبو معاوية
- صدقة بن الفضل المروزي
- إسحاق بن راهويه المروزي
- أحمد بن حنبل
- هناد بن السري التميمي
- محمد بن العلاء الهمداني
- محمد بن إسماعيل بن إبراهيم – البخاري
- الترمذي
- أحمد بن عبد الجبار العطاردي
- أبو داود
- عبد الله بن محمد النيسابوري
- عثمان بن أحمد الدقاق
- محمد بن يعقوب الأموي
- ابن حبان
- الحاكم النيسابوري
- محمد بن الحسين المتوثي
- البيهقي
2. Matan
Adapun ragam matan dari Hadits Ishlah adalah sebagai berikut:
Ragam Matan Hadits Ishlah
MATAN | MASHADIR ASHLIYAH | NO |
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ هِيَ الْحَالِقَةُ | Musnad Ahmad (w. 241 H) | 1 |
« ألا أنبئكم بدرجة أفضل من الصلاة والصيام والصدقة ؟ » قالوا : بلى ، قال : « صلاح ذات البين (1) ، وفساد ذات البين هي الحالقة » | Adab al-Mufrad al-Bukhari (w. 256 H) | 2 |
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى قَالَ صَلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ فَإِنَّ فَسَادَ ذَاتِ الْبَيْنِ هِيَ الْحَالِقَةُ | Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H) | 3 |
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ الْحَالِقَةُ | Sunan Abu Dawud (w. 275 H) | 4 |
« ألا أخبركم ، بأفضل من درجة الصيام ، والقيام ؟ » ، قالوا : بلى يا رسول الله ، قال : « إصلاح ذات البين (1) ، وفساد ذات البين هي الحالقة » | Shahih Ibnu Hiban (w. 354 H) | 5 |
« ألا أخبركم بأفضل من درجة الصيام والصلاة والصدقة ؟ » قالوا : بلى يا رسول الله . قال : « صلاح ذات البين » . قال : « وفساد ذات البين هي الحالقة » وفي رواية ابن السماك : « فإن فساد ذات البين هي الحالقة » | Sya’b al-Iman al-Baihaqi (w. 458 H) | 6 |
Dari teks matan Hadits seperti tercantum pada tabel di atas, diketahui bahwa Hadits tersebut diriwayatkan secara lafzhi, meski sebagiannya ada yang diriwayatkan secara ma’nawi. Demikian juga jika dicermati di antara matan-matan Hadits “Ishlah” sebagaimana tercantum di atas, di dalamnya tidak terdapat tanaqudh ataupun ta’arudh.
Daftar Rawi Sanad
Untuk mengetahui tahun lahir-wafat, jarh wa ta’dil, dan thabaqah rawi sanad, dibuat daftar rawi sanad dengan menggunakan dan berpedoman pada kitab Tahdzib al-Kamal karya al-Mizzi, Tahdzib al-Tahdzib karya al-Asqalaniy, Mizan al-I’tidal karya al-Zahabi, dan dibantu dengan program Jawami’ al-Kalim.
Daftar Rawi Sanad Hadits
NO | RAWI SANAD | THABAQAH | |||||
Nama | Lahir | Wafat | Jarh | Ta’dil | Tahdzib | Shahabat-Tabi’in | |
1 | عويمر بن مالك الأنصاري / أبو الدرداء | – | 32 | – | صحابي | صحابية | S |
2 | هجيمة بنت حيي الأوصابية / أم الدرداء | – | 81 | – | ثقة | من كبار التابعين | T |
3 | سالم بن أبي الجعد الأشجعي | – | 97 | – | ثقة | من صغار التابعين | T |
4 | عمرو بن مرة المرادي | – | 116 | – | ثقة | من صغار التابعين | T |
5 | سليمان بن مهران الأعمش | 61 | 148 | – | ثقة حافظ | من صغار التابعين | TT |
6 | محمد بن خازم الأعمى / أبو معاوية | 113 | 194 | – | ثقة | من صغار أتباع التابعين | TTT |
7 | صدقة بن الفضل المروزي | – | 223 | – | ثقة | من صغار أتباع التابعين | TTT |
8 | إسحاق بن راهويه المروزي | 161 | 238 | – | ثقة حافظ إمام | من الذين عاصروا صغارالتابعين | TTT |
9 | أحمد بن حنبل | – | 241 | – | ثقة حافظ إمام | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
10 | هناد بن السري التميمي | 152 | 243 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
11 | محمد بن العلاء الهمداني | 161 | 248 | – | ثقة حافظ | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
12 | محمد بن إسماعيل بن إبراهيم – البخاري
|
– | 256 | – | ثقة حافظ إمام | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
13 | الترمذي | – | 256 | – | ثقة حافظ إمام | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
14 | أحمد بن عبد الجبار العطاردي | 117 | 270 | ضعيف الحديث | – | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
15 | أبو داود | – | 275 | – | ثقة حافظ إمام | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
16 | عبد الله بن محمد النيسابوري | 213 | 305 | – | ثقة | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
17 | عثمان بن أحمد الدقاق | – | 344 | – | ثقة ثبت | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
18 | محمد بن يعقوب الأموي | 247 | 346 | – | ثقة حافظ | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
19 | ابن حبان | – | 354 | – | ثقة حافظ إمام | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
20 | الحاكم النيسابوري | 321 | 405 | – | ثقة حافظ | من صغار الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTTT |
21 | محمد بن الحسين المتوثي | 335 | 415 | – | ثقة | من صغار الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTTT |
22 | البيهقي | – | 458 | – | ثقة حافظ إمام | من صغار الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTTTT |
Sumber: Program Hadits Jawami’ al-Kalimdan Tahdzib al-Kamal karya al-Mizzi.
Keterangan: S (w. 80 H), T (w. 130 H), TT (w. 180 H), TTT (w. 230 H), TTTT (w. 300 H), TTTTT (w. 360 H), TTTTTT (w. 430 H), TTTTTTT (w. 500 H)
Diagram Silsilah Sanad
Dari daftar rawi sanad yang sudah disusun pada bagian sebelumnya, maka dengan mengacu pada tingkatan thabaqah dan tahun wafat para rawi, dapat dirumuskan diagram silsilah sanad sebagaimana terlampir.
Kehujahan Hadits Ishlah
Jenis Hadits
1. Berdasarkan Jumlah Rawi
Menurut jumlah rawi, Hadits terbagi kepada Hadits mutawatir dan ahad. Hadits mutawatir adalah Hadits yang jumlah rawinya banyak dengan syarat beritanya mahshus (indrawi), tidak ada kesan dusta, dan tiap thabaqah jumlah rawi minimal empat orang. Hadits ahad adalah Hadits yang jumlah rawinya tidak banyak, yakni tiga setiap thabaqah (masyhur), dua setiap thabaqah (aziz), dan satu setiap thabaqah (gharib).
Berdasarkan kriteria tersebut, maka Hadits tentang Ishlah termasuk Hadits Ahad Gharib sebab tidak memenuhi syarat mutawatir yakni setiap thabaqah jumlah rawinya minimal lima.
2. Berdasarkan Matan
Dari segi bentuk matan, Hadits terbagi kepada Hadits qauli (ucapan), Hadits fi’li (perbuatan), dan Hadits taqriri (ketetapan). Dari segi idhafah matan, Hadits terbagi pada marfu’ (idhafah pada Nabi), mauquf, dan maqthu. Dan apabila tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit disebut haqiqi, dan jika implisit disebut hukmi.
Berdasarkan ketentuan tersebut maka Hadits tentang Ishlah termasuk Hadits marfu’, qauli, dan haqiqi. Marfu’ artinya Hadits tersebut idhafahnya disandarkan langsung pada Nabi Saw. Qauli artinya adalah Hadits yang merupakan perkataan Nabi Saw. Adapun haqiqi adalah Hadits yang tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit sabda Rasul Saw.
3. Berdasarkan Sanad
Dari segi bersambung tidaknya sanad, Hadits terbagi ke dalam muttashil dan munfashil. Hadits muttashil adalah Hadits yang sanadnya bersambung, yakni rawi murid dan rawi guru yang ada pada sanad bertemu (liqa’) karena hidup sejaman, setempat, dan seprofesi Hadits. Hadits munfashil adalah Hadits yang sanadnya terputus (inqitha’) yakni putus pada rawi pertama (mursal), putus pada mudawin dengan gurunya (mu’alaq), putus satu rawi dalam sembarang thabaqah (munqathi), dan putus dua rawi dalam dua thabaqah berturut-turut (mu’dhal).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits Ishlah adalah Hadits muttashil karena semua thabaqah mulai shahabat sampai mudawinnya bersambung.
Dari segi keadaan sanad, Hadits terbagi kepada Hadits mu‘an‘an (terdapat ‘an dalam sanad), Hadits mu’anan (terdapat ‘ana ta’kid dalam sanad), Hadits aliy (jumlah rawi dalam sanad sedikit dengan rata-rata per thabaqah-nya satu atau dua orang), Hadits nazil (jumlah rawi dalam sanad banyak dengan rata-rata per thabaqah-nya tiga orang atau lebih), Hadits musalsal (ada persamaan sifat rawi dalam sanad), dan Hadits muddabaz (ada dua rawi dalam sanad yang saling meriwayatkan).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits Ishlah bisa dikatakan Hadits Mu‘an‘an dan Hadits Aliy.
Kualitas Hadits
Tash-hih
Berdasarkan kualitasnya, Hadits terbagi ke dalam Hadits maqbul dan mardud. Makbul adalah Hadits yang diterima sebagai hujjah dengan sebutan shahih dan hasan. Hadits mardud adalah Hadits yang ditolak sebagai hujjah dengan sebutan Hadits dh’aif. Hadits shahih adalah Hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Hadits hasan sama seperti Hadits shahih namun rawinya tidak sampai tamm dhabit, tetapi hanya sampai qalil dhabit. Hadits dha’if adalah Hadits yang gugur satu syarat atau lebih dari syarat Hadits shahih atau hasan. Kaidah tersebut adalah kaidah dasar. Dalam tash-hih terdapat kaidah dalam kenaikkan kualitas, yaitu Hadits hasan dapat menjadi shahih apabila dikuatkan dengan muttabi’ (sanad lain) dan syahid (matan lain), yang kemudian disebut shahih li ghairihi. Begitu juga Hadits dha’if yang mardud (ditolak sebagai hujjah) dapat naik menjadi makbul yakni menjadi hasan li ghairihi apabila Hadits dha’if tersebut memiliki muttabi’ dan atau syahid, sepanjang dha’if-nya bukan maudhu’, matruk dan munkar.
Berdasarkan kaidah tersebut, Hadits Ishlah dapat disimpulkan merupakan Hadits makbul dengan kategori shahih, karena diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat).Adapun keberadaan seorang rawi’ yang dha’if pada satu jalur periwayatan (dalam riwayat al-Baihaqi) tidak mempengaruhi kualitas hadits secara keseluruhan.
I’tibar
Menentukan kualitas Hadits berdasarkan petunjuk jenis kitabnya (konvensi muhaditsin bahwa jenis kitab Hadits menjelaskan kualitas Haditsnya), penjelasan kitab kamus dan syarah, dan pembahsan kitab ilmu. Dengan i’tibar diwan dapat diketahui status Hadits Ishlah merupakan Hadits shahih karena terdapat dalam beberapa kitab shahih seperti Shahih Bukhari dan Ibnu Hiban, meski sebagiannya terdapat dalam kitab sunan.
Tathbiq Hadits
Setelah diketahui keshahihan Hadits ini, perlu untuk ditelusuri pada aspek penerapannya karena Hadits makbul mungkin ma’mul bih dan mungkin ghair ma’mul bih. Kaidahnya adalah sebagai berikut:
- Jika Hadits makbul itu hanya satu atau banyak namun sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), maka ma’mul atau ghair ma’mulnya ditentukan oleh muhkam atau mutasyabih-nya matan. Jika muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas) maka ma’mul bih. Namun jika mutasyabih (lafazh dan maknanya tidak jelas) maka ghair ma’mul bih.
- Jika makbul itu banyak namun tanaqudh (berbeda) atau ta’arudh (berlawanan) maka untuk menentukan ma’mul dan ghair ma’mul-nya harus ditempuh terlebih dahulu dengan thariqah jama’, kemudian tarjih, nasakh, dan tawaquf. Jika Hadits makbul itu yang ta’arudh bisa dikompromikan maka keduanya diamalkan dan disebut Hadits mukhltalif. Setelah ditarjih, maka yang unggul diamalkan (rajih) dan tidak unggul tidak diamalkan (marjuh). Dengan nasakh, maka yang wurud belakangan diamalkan (disebut nasikh) dan yang wurud duluan tidak diamalkan (disebut mansukh). Jika tidak bisa di-jama’, tarjih, dan nasakh, maka di-tawaquf-kan (mutawaqaff), artinya tidak diamalkan.
Berdasarkan kaidah di atas, maka Hadits Ishlah merupakan Hadits makbul yang ma’mul bih, karena banyaknya lafazh matan Hadits yang sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), yang semuanya lafazh-nya muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas).
Asbab al-Wurud dan Munasabah
Untuk mengetahui asbab al-wurud Hadits “Ishlah”, perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan kitab asbab al-wurud dan kitab syarah. Dan menurut penelitian penulis, hadits tentang ishlah ini tidak ditemukan sebab wurud-nya.
Adapun munasabah hadits ishlah ini dengan al-Qur’an dan Hadits lain diantaranya adalah nash yang berbicara seputar perintah untuk berpegang teguh terhadap ajaran agama Allah, hidup rukun, menjunjung tinggi nilai persaudaraan, persatuan dan kesatuan tanpa permusuhan sebagaimana difirmankan oleh Allah Swt dalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat 103 :
وَاعْتَصِمُواْ بِحَبْلِ اللّهِ جَمِيعاً وَلاَ تَفَرَّقُواْ وَاذْكُرُواْ نِعْمَتَ اللّهِ عَلَيْكُمْإِذْ كُنتُمْ أَعْدَاء فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَاناً
“Dan berpegang teguhlah kalian semua kepada tali agama Allah, dan janganlah kalian bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu dengan nikmat-Nya kalian menjadi bersaudara”
Konsep ishlah (rekonsiliasi) dalam konflik merupakan salah satu ajaran agama Islam. Dalam al-Qur’an terdapat beberapa ayat yang menerangkan tentang konsep ishlah tersebut, baik dalam kontek konflik level komunitas kecil seperti konflik yang terjadi dalam hubungan suami istri (Surat al-Nisa’ ayat 128), maupun dalam level komunitas besar seperti konflik yang terjadi antara dua kelompok orang mukmin yang bertika (Surat al-Hujarat ayat 9).
Di dalam Hadits lainnya, disebutkan bahwa Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda (yang artinya), “Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan shadaqahnya setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan secara adil dua orang yang bertikai adalah shadaqah, membantu orang lain menaiki kendaraan atau mengangkatkan barang ke atas kendaraannya adalah shadaqah, kata-kata yang baik adalah shaqadah, tiap-tiap langkah untuk mengerjakan shalat [di masjid] adalah shadaqah, dan menyingkirkan duri dari jalan adalah shadaqah.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Khulashah
Hadits ishlah ini otentik karena sampai kepada Nabi saw. (marfu’), lengkap memiliki sanad dan matan, dan terdapat dalam kitab mashadir al-ashliyah. Para rawi dari Hadits ini juga merupakan para rawi yang tsiqah. Adanya seorang rawi’ yang dha’if pada salah satu jalur periwayatan tidak mengurangi kualitas Hadits dari sisi rawi’ secara keseluruhan. Dari teks matannya, diketahui bahwa Hadits tersebut diriwayatkan secara lafzhi dan sebagiannya secara ma’nawi. Jika dicermati, diantara matan-matan Hadits “ishlah” sebagaimana tercantum di atas, di dalamnya tidak terdapat tanaqudh ataupun ta’arudh. Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, maka Hadits tentang ishlah termasuk Hadits ahadsebab tidak memenuhi syarat mutawatir yakni setiap thabaqah jumlah rawinya minimal lima.Juga termasuk kategori Hadits Ahad Gharib karena dalam sanadnya berpangkal pada seorang rawi’. Demikian juga Hadits ini termasuk Hadits marfu’, qauli, dan haqiqi. Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits ishlah bisa dikatakan Hadits mu‘an‘an danHadits aliy.
Berdasarkan kaidah seperti yang sudah disebutkan, Hadits ishlah merupakan Hadits makbul dengan kategori shahih, karena diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Berdasarkan kaidah, Hadits ishlah juga merupakan Hadits makbul yang ma’mul bih, karena banyaknya lafazh matan Hadits yang sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), yang semuanya lafazh-nya muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas).
Hadits ini merupakan hujjah terkait dengan ishlah. Meski demikian, masih memungkinkan adanya musykillah baik musykillah dalam pemahaman (ikhtilaf dalam perincian hukum dan kaifiyahnya), maupun musykillah dalam penerapan. Wallahu a’lam.
Daftar Pustaka
Al-Asqalâni. t.th. Fath al-Bari Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Baghdadi, Al-Khatib. 1357 H. Al-Kifayah fi Ilm al-Riwayah. Hyderabad: Jam’iyyah Da’irat al-Ma’arif al-Utsmaniyyah).
Al-Baihaqiy. t.th. Sunan al-Baihaqiy al-Kubra. tt: t.pn.
Al-Bukhari. 2006.Shahih al-Bukhari. Riyadh: Maktabah al-Rusyd.
Al-Bukhari. t.th. Shahih Al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr.
Al-Khatib, Muhammad ‘Ajaj. 2009. Ushul al-Hadits ‘Ulumuh wa Musthalahuh. Mesir: Dar al-Fikr.
Al-Muttaqiy. 1985. Kanz al-‘Ummal fi Sunan al-Aqwal wa al-Af’al. Beirut: Mausu’ah al-Risalah.
Al-Suyuthi, Jalaludin. 1988. Al-Jami’ al-Shaghir. Beirut: al-Maktabah al-Islamiy.
Ibn Hanbal, Ahmad. t.th. Musnad Ahmad ibn Hanbal. tt: t.pn.
Ibn Majah. t.th. Sunan Ibn Majah. tt.: Dar Ihya al-Kutub al-Irbatiy.
Muslim. 1992. Shahih Muslim. Beirut: Dar al-Fikr.
Muslim. 1998.Shahih Muslim. Riyadh: Dar al-Mughni.
Soetari, Endang.2008. Ilmu Hadits Kajian Riwayat dan Dirayah. Bandung: Mimbar Budaya.
Thahhan, Mahmud. 1983. Ushul al-Takhrij wa Dirasat al-Asanid.Riyadh: Maktabah al-Rasyid.
Wensinck, A.J. 1946. Al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy. Beirut: Maktabah Baril.
Za’lul, Abu Hajir Muhammad al-Sa’id bin Baiyuniy. t.th. Mausu’ah Athraf al-Hadits al-Nabawi al-Syarif. Beirut: Dar al-Maktabah al-Ilmiyah.
[1]Al-Muttaqiy al-Hindiy, Kanz al-‘Ummal fi Sunan al-Aqwal wa al-Af’al, (Beirut: Mausu’ah al-Risalah, 1985), juz 3, hlm. 58.
[2]Al-Suyuthi, al-Jami’ al-Shaghir, (Beirut: al-Maktabah al-Islamiy, 1988), juz 1, hlm. 273.
[3]A.J. Wensinck, al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy, (Beirut: Maktabah Baril, 1946).
[4]Abu Hajir Muhammad al-Sa’id bin Baiyuniy Za’lul, Mausu’ah Athraf al-Hadits al-Nabawi al-Syarif, (Beirut: Dar al-Maktabah al-Ilmiyah, t.th), juz 1, hlm. 626.