Otentisitas Hadits Ihya’ al-Mawat
Teks Hadits dan Syahidnya
Syarah dan kritik dengan metode takhrij (pembahasan) Hadits tentang Ihya’ al-Mawat diawali dengan ditemukannya Hadits tersebut pada kitab takhrij al-maudhu’i, kitab al-Maqashid al-Hasanah fi Bayan Katsir min al-Ahadits al-Musytahirah ala al-Sinah karya al-Sakhawi (w. 902H)[1] sebagai berikut:
من أحيا أرضاً ميتة في غير حق مسلم فهي له: أخرج البيهقي من حديث كثير بن عبد الله بن عمرو بن عوف المزني عن أبيه عن جده به، وهو عند ابن أبي شيبة واسحق بن راهويه والبزار وآخرين، ولأحمد أبي داود عنه والطبراني والبيهقي من حديث الحسن عن سمرة وفي سماعه منه خلف رفه
Berdasarkan keterangannya, mashadir ashliyah-nya adalah Sunan al-Baihaqi, Musnad Ibnu Abi Syaibah, Musnad Ahmad, Sunan Abu Daud, Sunan al-Thabarani.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab al-Jami’ al-Shaghir[2] dan dengan menggunakan lafadz awal (من أحيا أرضاً) diperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya adalah Sunan al-Tirmidzi, Musnad Ahmad, dan Sunan Abu Dawud.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy[3] dan dengan menggunakan lafadzأرضاً diperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya yakni Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Sunan al-Tirmidzi, Sunan al-Darimi, dan Muwatha’ Imam Malik.
Dilalah atau tautsiq dengan menggunakan kitab Mausu’ah Athraf al-Hadits[4] dan dengan menggunakan lafadz awal من أحيا tidak diperoleh petunjuk mashadir ashliyah-nya.
Adapun dilalah atau tautsiq yang berfungsi untuk mengecek kembali temuan sebelumnya adalah dengan menggunakan program Hadits al-Maktabah al-Syamillah maka mashadir ashliyah-nya adalah Muwatha’ Malik, Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Mushanaf Abu Syaibah, Sunan al-Baihaqi, Sunan al-Nasa’i, dan Sunan al-Thabarani.
Demikian juga dilalah atau tautsiq yang juga berfungsi untuk mengecek kembali temuan sebelumnya adalah dengan menggunakan program Jawami’ al-Kalim maka mashadir ashliyah-nya adalah Muwatha’ Malik, Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Mushanaf Abu Syaibah, Sunan al-Baihaqi, Sunan al-Nasa’i, dan Sunan al-Thabarani.
Rekaputilasi Mashadiral-Ashliyah
NO | DILALAH/TAUTSIQ | MASHADIR ASHLIYAH |
1 | al-Maqashid al-Hasanah | Sunan al-Baihaqi, Mushanaf Ibnu Abi Syaibah, Musnad Ahmad, Sunan Abu Daud, Sunan al-Thabarani |
2 | Al-Jami’ al-Shaghir | Sunan al-Tirmidzi, Musnad Ahmad, dan Sunan Abu Dawu |
3 | Al-Mu`jam al-Mufahras | Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Sunan al-Tirmidzi, Sunan al-Darimi, dan Muwatha’ Imam Malik |
4 | Mausu’ah Athraf al-Hadits | Tidak ditemukan |
5 | Program al-Maktabah al-Syamillah | Muwatha’ Malik, Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Mushanaf Ibnu Abi Syaibah, Sunan al-Baihaqi, Sunan al-Nasa’i, dan Sunan al-Thabarani |
6 | Program Jawami’ al-Kalim | Muwatha’ Malik, Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Dawud, Musnad Ahmad, Mushanaf Ibnu Abi Syaibah, Sunan al-Baihaqi, Sunan al-Nasa’i, dan Sunan al-Thabarani |
Jadi jika disusun secara sistematis berdasarkan tahun wafat para mudawwin, mashadir ashliyah secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
a) Muwatha’ Malik (w. 179 H)
b) Mushanaf Ibnu Abi Syaibah (w. 235 H)
c) Musnad Ahmad (w. 241 H)
d) Sunan al-Darimi (w. 255 H)
e) Shahih al-Bukhari (w. 256 H)
f) Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H)
g) Sunan Abu Dawud (w. 275 H)
h) Sunan al-Nasa’i (w. 303 H)
i) Sunan al-Thabarani (w. 360 H)
j) Sunan al-Baihaqi (w. 458 H)
Adapun Hadits yang termaktub dalam mashadir ashliyah secara deskriptif dapat dituliskan sebagai berikut:
– Muwatha’ Malik (w. 179 H)
حَدَّثَنِي يَحْيَى، عَنْ مَالِك، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً، فَهِيَ لَهُ، وَلَيْسَ لِعِرْقٍ ظَالِمٍ حَقٌّ “. قَالَ مَالِك: وَالْعِرْقُ الظَّالِمُ: كُلُّ مَا احْتُفِرَ أَوْ أُخِذَ أَوْ غُرِسَ بِغَيْرِ حَقٍّ
– Mushanaf Ibnu Abi Syaibah (w. 235 H)
مصنف ابن أبي شيبة – (ج 5 / ص 284)
حدثنا أبو بكر قال حدثنا وكيع قال حدثنا بن عروة عن ابن أبي رافع عن جابر بن عبد الله قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” من أحيا أرضا ميتة فله فيها أجر ، وما أكلت العافية فهو له صدقة ”
– Musnad Ahmad (w. 241 H)
مسند أحمد – (ج 29 / ص 158)
حَدَّثَنَا يُونُسُ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَهِيَ لَهُ وَمَا أَكَلَتْ الْعَافِيَةُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ
مسند أحمد – (ج 29 / ص 359)
حَدَّثَنَا يُونُسُ وَيَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَلَهُ فِيهَا أَجْرٌ وَمَا أَكَلَتْ الْعَافِيَةُ مِنْهَا فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَقَالَ ابْنُ أَبِي بُكَيْرٍ مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَهِيَ لَهُ
– Sunan al-Darimi (w. 255 H)
أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ: أَنَّ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ أَخْبَرَهُ: أَنَّ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَلَهُ فِيهَا أَجْرٌ وَمَا أَكَلَتِ الْعَافِيَةُ مِنْهَا، فَلَهُ فِيهَا صَدَقَةٌ “. قَالَ أَبُو مُحَمَّدٍ: الْعَافِيَةُ: الطَّيْرُ وَغَيْرُ ذَلِكَ
– Shahih al-Bukhari (w. 256 H)
صحيح البخاري – (ج 8 / ص 144)
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي جَعْفَرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَنْ أَعْمَرَ أَرْضًا لَيْسَتْ لِأَحَدٍ فَهُوَ أَحَقُّ”
– Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ، أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَنْ أَحْيَى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ، وَلَيْسَ لِعِرْقٍ ظَالِمٍ حَقٌّ ”
– Sunan Abu Dawud (w. 275 H)
سنن أبي داود – (ج 8 / ص 313)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَهِيَ لَهُ وَلَيْسَ لِعِرْقٍ ظَالِمٍ حَقٌّ
– Sunan al-Nasa’i (w. 303 H)
أنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَال: ثنا يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ سَعِيدٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، قَال: أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَنْصَارِيُّ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً فَلَهُ بِهَا أَجْرٌ، وَمَا أَكَلَتِ الْعَوَافِي فَلَهُ بِهَا أَجْرٌ ”
– Sunan al-Thabarani (w. 360 H)
حَدَّثَنا أَحْمَدُ، قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْوَاهِبِ الْحَارِثِيُّ، قَالَ: نا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الزَّنْجِيُّ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ، وَلَيْسَ لِعِرْقِ ظَالِمٍ حَقٌّ “. لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ هِشَامٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، إِلا مُسْلِمٌ
– Sunan al-Baihaqi (w. 458 H)
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، ثنا أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْهَاشِمِيُّ، ثنا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعِيدٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ خَلادٍ، ثنا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ أَبُو الْحَارِثِ، حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي جَعْفَرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، [ ج 6 : ص 142 ] عَن ْرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: ” مَنْ عَمَّرَ أَرْضًا لَيْسَتْ لأَحَدٍ فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا “، قَالَ عُرْوَةُ: قَضَى بِذَلِكَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي خِلافَتِهِ، رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ فِي الصَّحِيحِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ بُكَيْرٍ، عَنِ اللَّيْثِ
Unsur Hadits, Daftar Rawi Sanad, dan Diagram/Silsilah Sanad
Unsur Hadits
1. Rawi Sanad
Muwatha’ Malik
1) عروة بن الزبير الأسدي; 2) هشام بن عروة الأسدي; 3) مَالِك; 4) يَحْيَى; 5) مَالِك
Mushanaf Ibnu Abi Syaibah
1) جابر بن عبد الله; 2) ابن أبي رافع; 3) بن عروة; 4) وكيع; 5) أبو بكر; 6)ابن ابي شيبة
Musnad Ahmad
1)جَابِرٍ; 2) وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ; 3) هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ; 4) حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ; 5) يُونُسُ; 6) أحمد بن حنبل
1)جَابِرٍ; 2) أَبِي الزُّبَيْرِ; 3) حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ; 4) يَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ; 5) يُونُسُ; 6) أحمد بن حنبل
Sunan al-Darimi
1)جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّه; 2) عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ; 3) هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ; 4) أَبُو أُسَامَةَ،; 5) عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ; 6) الدرمي
Shahih al-Bukhari
1) عَائِشَةَ; 2) عُرْوَةَ; 3) مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ; 4) عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي جَعْفَرٍ; 5) اللَّيْثُ; 6) يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ; 7) البخاري
Sunan al-Tirmidzi
1) عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ; 2) أَبِيهِ; 3) هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ; 4) أَيُّوبُ; 5) عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ; 6) مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ; 7) الترمذي
Sunan Abu Dawud
1) عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ; 2) أَبِيهِ; 3) هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ; 4) أَيُّوبُ; 5) عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ; 6) م مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى; 7) ابو داود
Sunan al-Nasa’i
1) جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ; 2) عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَنْصَارِي; 3) هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ; 4) يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ سَعِيدٍ; 5) يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ; 6) النساءي
Sunan al-Thabarani
1) عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو; 2) أَبِيهِ; 3) هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ; 4) مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الزَّنْجِيُّ; 5) مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْوَاهِبِ الْحَارِثِيُّ; 6) أَحْمَدُ;7)الطبراني
Sunan al-Baihaqi
1) عَائِشَةَ; 2) عُرْوَةَ; 3) مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ; 4) عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي جَعْفَرٍ; 5) اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ أَبُو الْحَارِثِ; 6) مُحَمَّدُ بْنُ خَلادٍ; 7) أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعِيدٍ; 8)أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْهَاشِمِيُّ; 9)أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ; 10)البيهقي
Semua rawi sanad di atas secara keseluruhan dapat dirangkai berdasarkan tahun wafat sebagai berikut:
- سعيد بن زيد القرشي
- عائشة بنت أبي بكر الصديق
- عبد الله بن عمرو السهمي
- جابر بن عبد الله الأنصاري
- عروة بن الزبير الأسدي
- عبيد الله بن رافع الأوسي
- محمد بن مسلم القرشي
- وهب بن كيسان القرشي
- محمد بن عبد الرحمن الأسدي
- أيوب السختياني
- عبيد الله بن أبي جعفر المصري
- هشام بن عروة الأسدي1
- حماد بن سلمة البصري
- الليث بن سعد الفهمي
- مالك بن أنس
- حماد بن زيد الأزدي
- مسلم بن خالد بن سعيد الزنجي
- عبد الوهاب بن عبد المجيد الثقفي
- وكيع بن الجراح الرؤاسي
- يحيى بن سعيد القطان
- حماد بن أسامة القرشي
- يونس بن محمد المؤدب
- يحيى بن أبي بكير القيسي
- محمد بن عبد الوهاب الحارثي
- يحيى بن بكير القرشي
- محمد بن خلاد الإسكندراني
- إبن أبي شيبة
- أحمد بن حنبل
- محمد بن بشار العبدي
- محمد بن المثنى العنزي
- يعقوب بن إبراهيم العبدي
- الدرمي
- الترمذي
- محمد بن إسماعيل بن إبراهيم – البخاري
- عبد الله بن سعيد الكندي
- آبو داود
- محمد بن إبراهيم العبدي
- أحمد بن مساور البغدادي
- النسائي
- الطبراني
- محمد بن إبراهيم المزكي
- الحاكم النيسابوري
- البيهقي
2. Matan
Adapun ragam matan dari Hadits Ihya’ al-Mawat adalah sebagai berikut:
Ragam Matan Hadits Ihya’ al-Mawat
MATAN | MASHADIR ASHLIYAH | NO |
مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ | Muwatha’ Malik (w. 179 H) | 1 |
من أحيا أرضا ميتة فله فيها أجر ، وما أكلت العافية فهو له صدقة | Mushanaf Ibnu Abi Syaibah (w. 235 H) | 2 |
– مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَهِيَ لَهُ وَمَا أَكَلَتْ الْعَافِيَةُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ- مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَلَهُ فِيهَا أَجْرٌ وَمَا أَكَلَتْ الْعَافِيَةُ مِنْهَا فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ | Musnad Ahmad (w. 241 H) | 3 |
مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَلَهُ فِيهَا أَجْرٌ وَمَا أَكَلَتِ الْعَافِيَةُ مِنْهَا | Sunan al-Darimi (w. 255 H) | 4 |
مَنْ أَعْمَرَ أَرْضًا لَيْسَتْ لِأَحَدٍ فَهُوَ أَحَقُّ | Shahih al-Bukhari (w. 256 H) | 5 |
مَنْ أَحْيَى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ، وَلَيْسَ لِعِرْقٍ ظَالِمٍ حَقٌّ | Sunan al-Tirmidzi (w. 256 H) | 6 |
مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيْتَةً فَهِيَ لَهُ وَلَيْسَ لِعِرْقٍ ظَالِمٍ حَقٌّ | Sunan Abu Dawud (w. 275 H) | 7 |
مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً فَلَهُ بِهَا أَجْرٌ، وَمَا أَكَلَتِ الْعَوَافِي فَلَهُ بِهَا أَجْرٌ | Sunan al-Nasa’i (w. 303 H) | 8 |
مَنْ أَحْيَا أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ، وَلَيْسَ لِعِرْقِ ظَالِمٍ حَقٌّ | Sunan al-Thabarani (w. 360 H) | 9 |
– مَنْ عَمَّرَ أَرْضًا لَيْسَتْ لأَحَدٍ فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا | Sunan al-Baihaqi (w. 458 H) | 10 |
Dari teks matan Hadits seperti tercantum pada tabel di atas, diketahui bahwa Hadits tersebut diriwayatkan secara lafzhi, meski sebagiannya ada yang diriwayatkan secara ma’nawi. Demikian juga jika dicermati di antara matan-matan Hadits “Ihya’ al-Mawat” sebagaimana tercantum di atas, di dalamnya tidak terdapat tanaqudh ataupun ta’arudh.
Daftar Rawi Sanad
Untuk mengetahui tahun lahir-wafat, jarh wa ta’dil, dan thabaqah rawi sanad, dibuat daftar rawi sanad dengan menggunakan dan berpedoman pada kitab Tahdzib al-Kamal karya al-Mizzi, Tahdzib al-Tahdzib karya al-Asqalaniy, Mizan al-I’tidal karya al-Zahabi, dan dibantu dengan program Jawami’ al-Kalim.
Daftar Rawi Sanad Hadits
NO | RAWI SANAD | THABAQAH | |||||
Nama | Lahir | Wafat | Jarh | Ta’dil | Tahdzib | Shahabat-Tabi’in | |
1 | سعيد بن زيد القرشي | – | 50 | – | صحابي | صحابي | S |
2 | عائشة بنت أبي بكر الصديق | – | 57 | – | صحابي | صحابية | S |
3 | عبد الله بن عمرو السهمي | – | 63 | – | صحابي | صحابي | S |
4 | جابر بن عبد الله الأنصاري | – | 78 | – | صحابي | صحابي | S |
5 | عروة بن الزبير الأسدي | – | 94 | – | ثقة فقيه مشهور | من كبار التابعين | T |
6 | عبيد الله بن رافع الأوسي | – | 111 | مجهول الحال | – | من كبار التابعين | T |
7 | محمد بن مسلم القرشي | 42 | 126 | – | صدوق إلا أنه يدلس | من صغار التابعين | T |
8 | وهب بن كيسان القرشي | – | 127 | – | ثقة | من صغار التابعين | T |
9 | محمد بن عبد الرحمن الأسدي | – | 131 | – | ثقة | من صغار التابعين | TT |
10 | أيوب السختياني | 66 | 131 | – | ثقة ثبتت حجة | من صغار التابعين | TT |
11 | عبيد الله بن أبي جعفر المصري | – | 132 | – | ثقة | من صغار التابعين | TT |
12 | هشام بن عروة الأسدي1 | 58 | 145 | – | ثقة إمام في الحديث | من صغار التابعين | TT |
13 | حماد بن سلمة البصري | 90 | 167 | – | ثقة عابد ، تغير حفظه قليلا بآخره | من صغار التابعين | TT |
14 | الليث بن سعد الفهمي | 94 | 175 | – | ثقة ثبت فقيه إمام مشهور | من الوسطى من أتباع التابعين | TT |
مالك بن أنس | – | 179 | – | ثقة | من الوسطى من أتباع التابعين | TT | |
15 | حماد بن زيد الأزدي | 98 | 179 | – | ثقة ثبت فقيه إمام كبير مشهور | من الوسطى من أتباع التابعين | TT |
16 | مسلم بن خالد بن سعيد الزنجي | – | 179 | – | صدوق كثير الأوهام | من الوسطى من أتباع التابعين | TT |
17 | عبد الوهاب بن عبد المجيد الثقفي | 110 | 194 | – | ثقة | من الوسطى من أتباع التابعين | TTT |
18 | وكيع بن الجراح الرؤاسي | 128 | 196 | – | ثقة حافظ إمام | من الوسطى من أتباع التابعين | TTT |
19 | يحيى بن سعيد القطان | 120 | 198 | – | ثقة متقن حافظ إمام قدوة | من الوسطى من أتباع التابعين | TTT |
20 | حماد بن أسامة القرشي | 121 | 201 | – | ثقة ثبت | من الوسطى من أتباع التابعين | TTT |
21 | يونس بن محمد المؤدب | – | 207 | – | ثقة ثبت | من الوسطى من أتباع التابعين | TTT |
22 | يحيى بن أبي بكير القيسي | – | 208 | – | ثقة | من صغار أتباع التابعين | TTT |
23 | محمد بن عبد الوهاب الحارثي | – | 229 | – | ثقة | من صغار أتباع التابعين | TTT |
24 | يحيى بن بكير القرشي | 154 | 231 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
25 | محمد بن خلاد الإسكندراني | – | 231 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
إبن أبي شيبة | – | 235 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT | |
26 | أحمد بن حنبل | – | 241 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
27 | محمد بن بشار العبدي | 167 | 252 | – | ثقة حافظ | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
28 | محمد بن المثنى العنزي | 167 | 252 | – | ثقة ثبت | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
29 | يعقوب بن إبراهيم العبدي | 160 | 252 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
الدرمي | – | 255 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT | |
الترمذي | – | 256 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT | |
30 | محمد بن إسماعيل بن إبراهيم – البخاري | – | 256 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
31 | عبد الله بن سعيد الكندي | – | 257 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
آبو داود | – | 275 | – | ثقة | كبارالآخذين عن تبع الأتباع | TTTT | |
32 | محمد بن إبراهيم العبدي | 204 | 290 | – | ثقة حافظ فقيه | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
33 | أحمد بن مساور البغدادي | – | 293 | – | ثقة | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTT |
34 | النسائي | – | 303 | – | ثقة | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
الطبراني | – | 360 | – | ثقة | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT | |
35 | محمد بن إبراهيم المزكي | – | 374 | – | صدوق حسن الحديث | أوساط الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTTT |
36 | الحاكم النيسابوري | 321 | 405 | – | ثقة حافظ | من صغار الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTT |
37 | البيهقي | – | 458 | – | ثقة | من صغار الآخذين عن تبع الأتباع | TTTTTT |
Sumber: Program Hadits Jawami’ al-Kalimdan Tahdzib al-Kamal karya al-Mizzi.
Keterangan: S (w. 80 H), T (w. 130 H), TT (w. 180 H), TTT (w. 230 H), TTTT (w. 300 H), TTTTT (w. 360 H), TTTTTT (w. 430 H), TTTTTTT (w. 500 H)
Diagram Silsilah Sanad
Dari daftar rawi sanad yang sudah disusun pada bagian sebelumnya, maka dengan mengacu pada tingkatan thabaqah dan tahun wafat para rawi, dapat dirumuskan diagram silsilah sanadnya.
Kehujahan Hadits Ihya’ al-Mawat
Jenis Hadits
1. Berdasarkan Jumlah Rawi
Menurut jumlah rawi, Hadits terbagi kepada Hadits mutawatir dan ahad. Hadits mutawatir adalah Hadits yang jumlah rawinya banyak dengan syarat beritanya mahshus (indrawi), tidak ada kesan dusta, dan tiap thabaqah jumlah rawi minimal empat orang. Hadits ahad adalah Hadits yang jumlah rawinya tidak banyak, yakni tiga setiap thabaqah (masyhur), dua setiap thabaqah (aziz), dan satu setiap thabaqah (gharib).
Berdasarkan kriteria tersebut, maka Hadits tentang Ihya’ al-Mawat termasuk Hadits ahad masyhur sebab tidak memenuhi syarat mutawatir yakni setiap thabaqah jumlah rawinya minimal lima.
2. Berdasarkan Matan
Dari segi bentuk matan, Hadits terbagi kepada Hadits qauli (ucapan), Hadits fi’li (perbuatan), dan Hadits taqriri (ketetapan). Dari segi idhafah matan, Hadits terbagi pada marfu’ (idhafah pada Nabi), mauquf, dan maqthu. Dan apabila tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit disebut haqiqi, dan jika implisit disebut hukmi.
Berdasarkan ketentuan tersebut maka Hadits tentang Ihya’ al-Mawat termasuk Hadits marfu’, qauli, dan haqiqi. Marfu’ artinya Hadits tersebut idhafahnya disandarkan langsung pada Nabi Saw. Qauli artinya adalah Hadits yang merupakan sabda Nabi Saw. Adapun haqiqi adalah Hadits yang tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit sabda Rasul Saw.
3. Berdasarkan Sanad
Dari segi bersambung tidaknya sanad, Hadits terbagi ke dalam muttashil dan munfashil. Hadits muttashil adalah Hadits yang sanadnya bersambung, yakni rawi murid dan rawi guru yang ada pada sanad bertemu (liqa’) karena hidup sejaman, setempat, dan seprofesi Hadits. Hadits munfashil adalah Hadits yang sanadnya terputus (inqitha’) yakni putus pada rawi pertama (mursal), putus pada mudawin dengan gurunya (mu’alaq), putus satu rawi dalam sembarang thabaqah (munqathi), dan putus dua rawi dalam dua thabaqah berturut-turut (mu’dhal).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits Ihya’ al-Mawat adalah Hadits muttashil karena semua thabaqah mulai shahabat sampai mudawinnya bersambung.
Dari segi keadaan sanad, Hadits terbagi kepada Hadits mu‘an‘an (terdapat ‘an dalam sanad), Hadits mu’anan (terdapat ‘ana ta’kid dalam sanad), Hadits aliy (jumlah rawi dalam sanad sedikit dengan rata-rata per thabaqah-nya satu atau dua orang), Hadits nazil (jumlah rawi dalam sanad banyak dengan rata-rata per thabaqah-nya tiga orang atau lebih), Hadits musalsal (ada persamaan sifat rawi dalam sanad), dan Hadits muddabaz (ada dua rawi dalam sanad yang saling meriwayatkan).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits Ihya’ al-Mawat bisa dikatakan Hadits mu‘an‘an dan Hadits nazil.
Kualitas Hadits
Tash-hih
Berdasarkan kualitasnya, Hadits terbagi ke dalam Hadits maqbul dan mardud. Makbul adalah Hadits yang diterima sebagai hujjah dengan sebutan shahih dan hasan. Hadits mardud adalah Hadits yang ditolak sebagai hujjah dengan sebutan Hadits dh’aif. Hadits shahih adalah Hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Hadits hasan sama seperti Hadits shahih namun rawinya tidak sampai tamm dhabith, tetapi hanya sampai qalil dhabith. Hadits dha’if adalah Hadits yang gugur satu syarat atau lebih dari syarat Hadits shahih atau hasan. Kaidah tersebut adalah kaidah dasar. Dalam tash-hih terdapat kaidah dalam kenaikkan kualitas, yaitu Hadits hasan dapat menjadi shahih apabila dikuatkan dengan muttabi’ (sanad lain) dan syahid (matan lain), yang kemudian disebut shahih li ghairihi. Begitu juga Hadits dha’if yang mardud (ditolak sebagai hujjah) dapat naik menjadi makbul yakni menjadi hasan li ghairihi apabila Hadits dha’if tersebut memiliki muttabi’ dan atau syahid, sepanjang dha’if-nya bukan maudhu’, matruk dan munkar.
Berdasarkan kaidah tersebut, Hadits Ihya’ al-Mawat dapat disimpulkan merupakan Hadits makbul dengan kategori shahih, karena diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat).
I’tibar
Menentukan kualitas Hadits berdasarkan petunjuk jenis kitabnya (konvensi muhaditsin bahwa jenis kitab Hadits menjelaskan kualitas Haditsnya), penjelasan kitab kamus dan syarah, dan pembahsan kitab ilmu. Dengan i’tibar diwan dapat diketahui status Hadits Ihya’ al-Mawat merupakan Hadits shahih karena terdapat dalam kitab shahih seperti Shahih Bukhari, meski sebagiannya terdapat dalam kitab sunan.
Tathbiq Hadits
Setelah diketahui keshahihan Hadits ini, perlu untuk ditelusuri pada aspek penerapannya karena Hadits makbul mungkin ma’mul bih dan mungkin ghair ma’mul bih. Kaidahnya adalah sebagai berikut:
- Jika Hadits makbul itu hanya satu atau banyak namun sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), maka ma’mul atau ghair ma’mulnya ditentukan oleh muhkam atau mutasyabih-nya matan. Jika muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas) maka ma’mul bih. Namun jika mutasyabih (lafazh dan maknanya tidak jelas) maka ghair ma’mul bih.
- Jika makbul itu banyak namun tanaqudh (berbeda) atau ta’arudh (berlawanan) maka untuk menentukan ma’mul dan ghair ma’mul-nya harus ditempuh terlebih dahulu dengan thariqah jama’, kemudian tarjih, nasakh, dan tawaquf. Jika Hadits makbul itu yang ta’arudh bisa dikompromikan maka keduanya diamalkan dan disebut Hadits mukhltalif. Setelah ditarjih, maka yang unggul diamalkan (rajih) dan tidak unggul tidak diamalkan (marjuh). Dengan nasakh, maka yang wurud belakangan diamalkan (disebut nasikh) dan yang wurud duluan tidak diamalkan (disebut mansukh). Jika tidak bisa di-jama’, tarjih, dan nasakh, maka di-tawaquf-kan (mutawaqaff), artinya tidak diamalkan.
Berdasarkan kaidah di atas, maka Hadits Ihya’ al-Mawat merupakan Hadits makbul yang ma’mul bih, karena banyaknya lafazh matan Hadits yang sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), yang semuanya lafazh-nya muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas).
Khulashah
Hadits ihya’ al-mawat ini otentik karena sampai kepada Nabi saw. (marfu’), lengkap memiliki sanad dan matan, dan terdapat dalam kitab mashadir al-ashliyah. Para rawi dari Hadits ini juga merupakan para rawi yang tsiqah. Adanya seorang rawi’ yang majhul al-hal pada salah satu jalur periwayatan tidak mengurangi kualitas Hadits dari sisi rawi’ secara keseluruhan. Dari teks matannya, diketahui bahwa Hadits tersebut diriwayatkan secara lafzhi dan sebagiannya secara ma’nawi. Jika dicermati, diantara matan-matan Hadits “ihya’ al-mawat” sebagaimana tercantum di atas, di dalamnya tidak terdapat tanaqudh ataupun ta’arudh. Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, maka Hadits tentang ihya’ al-mawat termasuk Hadits ahadsebab tidak memenuhi syarat mutawatir yakni setiap thabaqah jumlah rawinya minimal lima. Demikian juga Hadits ini termasuk Hadits marfu’, qauli, dan haqiqi. Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits ihya’ al-mawat bisa dikatakan Hadits mu‘an‘an danHadits nazil.
Berdasarkan kaidah seperti yang sudah disebutkan, Hadits ihya’ al-mawat merupakan Hadits makbul dengan kategori shahih, karena diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Berdasarkan kaidah, Hadits ihya’ al-mawat juga merupakan Hadits makbul yang ma’mul bih, karena banyaknya lafazh matan Hadits yang sama (baik lafzhi maupun ma’nawi), yang semuanya lafazh-nya muhkam (lafazh dan maknanya jelas dan tegas).
Hadits ini merupakan hujjah terkait dengan menghidupkan tanah mati (ihya’ al-mawat(. Meski demikian, masih memungkinkan adanya musykillah baik musykillah dalam pemahaman (ikhtilaf dalam perincian hukum dan kaifiyahnya), maupun musykillah dalam penerapan, terlebih jika dihadapkan dengan realitas undang-undang agraria yang berlaku di negeri ini. Hukum tentang ihya’ al-mawat hanya bisa sempurna jika diterapkan dalam sistem Islam, baik pemerintahan maupun ekonomi. Wallahu a’lam.
Daftar Pustaka
Al-Asqalâni. t.th. Fath al-Bari Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Baghdadi, Al-Khatib. 1357 H. Al-Kifayah fi Ilm al-Riwayah. Hyderabad: Jam’iyyah Da’irat al-Ma’arif al-Utsmaniyyah).
Al-Baihaqiy. t.th. Sunan al-Baihaqiy al-Kubra. tt: t.pn.
Al-Bukhari. 2006.Shahih al-Bukhari. Riyadh: Maktabah al-Rusyd.
Al-Bukhari. t.th. Shahih Al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr.
Al-Khatib, Muhammad ‘Ajaj. 2009. Ushul al-Hadits ‘Ulumuh wa Musthalahuh. Mesir: Dar al-Fikr.
Al-Sakhawi. 1979. Al-Maqashid al-Hasanah fi Bayan Katsir min al-Ahadits al-Musytahirah ala al-Sinah. Beirut: Dar al-Kutub al-Islamiyyah.
Al-Suyuthi, Jalaludin. 1988. Al-Jami’ al-Shaghir. Beirut: al-Maktabah al-Islamiy.
Ibn Hanbal, Ahmad. t.th. Musnad Ahmad ibn Hanbal. tt: t.pn.
Ibn Majah. t.th. Sunan Ibn Majah. tt.: Dar Ihya al-Kutub al-Irbatiy.
Muslim. 1992. Shahih Muslim. Beirut: Dar al-Fikr.
Muslim. 1998.Shahih Muslim. Riyadh: Dar al-Mughni.
Soetari, Endang.2008. Ilmu Hadits Kajian Riwayat dan Dirayah. Bandung: Mimbar Budaya.
Thahhan, Mahmud. 1983. Ushul al-Takhrij wa Dirasat al-Asanid.Riyadh: Maktabah al-Rasyid.
Wensinck, A.J. 1946. Al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy. Beirut: Maktabah Baril.
Za’lul, Abu Hajir Muhammad al-Sa’id bin Baiyuniy. t.th. Mausu’ah Athraf al-Hadits al-Nabawi al-Syarif. Beirut: Dar al-Maktabah al-Ilmiyah.
[1]Al-Sakhawi, al-Maqashid al-Hasanah fi Bayan Katsir min al-Ahadits al-Musytahirah ala al-Sinah,(Beirut: Dar al-Kutub al-Islamiyyah, 1979), juz 1, hlm. 217.
[2]Al-Suyuthi, al-Jami’ al-Shaghir, (Beirut: al-Maktabah al-Islamiy, 1988), juz 2, hlm. 1036.
[3]A.J. Wensinck, al-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy, (Beirut: Maktabah Baril, 1946), juz 1, hlm. 56.
[4]Abu Hajir Muhammad al-Sa’id bin Baiyuniy Za’lul, Mausu’ah Athraf al-Hadits al-Nabawi al-Syarif, (Beirut: Dar al-Maktabah al-Ilmiyah, t.th).